Beberapa Unsur-Unsur dan Ciri-Ciri Seorang Pemimpin
A. Pengertian dan Unsur-Unsurnya
Kepemimpinan adalah suatu kegiatan mempengaruhi orang lain agar orang tersebut mahu bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kepemimpinan juga sering dikenali sebagai kemampuan untuk memperoleh konsensus anggota organisasi untuk melakukan tugas management agar tujuan organisasi tercapai.
a. Menurut George Terry, Kepemimpinan adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang lain agar mahu bekerja dengan suka rela untuk mencapai tujuan kelompok.
b. Menurut Cyriel O’Donnell, kepemimpinan adalah mempengaruhi orang lain agar ikut serta dalam mencapai tujuan umum.
Dari dua pengertian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahawa kepemimpinan terdiri atas :
1. Mempengaruhi orang lain agar mahu melakukan sesuatu.
2. Memperoleh konsensus atau suatu pekerjaan.
3. Untuk mencapai tujuan manager.
4. Untuk memperoleh manfaat bersama.
Sehingga jika dilihat pada konteks kepemimpinan hal yang saling berkaitan adalah ada unsur penggerak, adanya peserta yang digerakkan, adanya komunikasi, adanya tujuan organisasi dan adanya manfaat yang tidak hanya dinikmati oleh sebahagian anggota.
B. Fungsi dan Tugas
Seorang pemimpin secara umum berfungsi sebagai berikut :
1. Mengambil keputusan
2. Mengembangkan informasi
3. Memelihara dan mengembangkan loyaliti anggota
4. Memberi dorongan dan semangat pada anggota
5. Bertanggungjawab keatas semua aktiviti dan kegiatan
6. Melakukan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan
7. Memberikan penghargaan pada anggota yang berprestasi
Sedangkan tugas kepemimpinan dapat dijelaskan sebagai berikut :
a. Yang berkaitan dengan kerja :
- Mengambil inisiatif
- Mengatur langkah dan arah
- Memberikan informasi
- Memberikan sokongan
- Memberi pemikiran atau pendapat
- Mengambil suatu kesimpulan
b. yang berkaitan dengan kekompakan anggota :
- Mendorong, bersahabat, bersikap menerima
- Mengungkapkan perasaan
- Bersikap mendamaikan
- Berkemampuan mengubah dan menyesuaikan pendapat
- Memperlancar pelaksanaan tugas
- Memberikan peraturan
C. Level dan Keterampilan Yang Perlu Dimiliki
Kepemimpinan dibagi menjadi sebagai berikut :
1. Level Top Leader/Top Management
Pimpinan puncak, misalnya, direktor utama. Melakukan tugas yang bersifat konseptual.
Misalnya, melakukan perencanaan yang akan dilakukan seluruh anggota.
2. Level Middle Leader/Middle Management
Golongan menengah, misalnya, staf produksi, manager kewangan. Melakukan tugas konseptual sebagai penjajaran dari top management, juga melakukan pekerjaan tersebut. Penguasaan
Teknik relatif .
3. Lower Leader/Lower Management
Golongan bawah, misalnya, supervisor, mandor dan pelaksana teknik. Harus menguasai teknik
walaupun secara konseptual tidak begitu penting.
D. Gaya Kepemimpinan
Gaya kepemimpinan secara umum dapat dikategorikan sebagai berikut :
1. Orientasi pekerjaan (task oriented)
2. Orientasi kekompakan (human oriented)
Dari dua cara kepemimpinan tersebut berkembang cara kepemimpinan yang lain seperti :
- Gaya keterampilan tinggi, kerja rendah
- Gaya kerja tinggi, keterampilan rendah
- Gaya kerja tinggi, keterampilan tinggi
- Gaya kerja rendah, keterampilan rendah
E. Persyaratan Ideal Bagi kepimpinan
Menurut George R. Terry, pemimpin harus memiliki ciri sebagai berikut :
1. Mental dan fisik yang energik
2. Emosi yang stabil
3. 3.Pengetahuan human relation yang baik
4. Motivasi personal yang baik
5.berkomunikasi yang berkesan
6. Cakap untuk mengajar, mendidik dan mengembangkan orang bawahan
7. Ahli dalam bidang sosial
8. Berpengetahuan luas dalam bidang teknikal dan management Menurut Horold Koontz dan Cyrel O’Donnel, ciri-ciri pemimpin yang baik adalah :
a. Tingkat kecerdasan yang tinggi
b. Perhatian terhadap keseluruhan kepentingan
c. Cakap berbicara
d. Matang dalam emosi dan fikiran
e. Motivasi yang kuat
f. Penghayatan terhadap kerja sama
Kepemimpinan adalah suatu kegiatan mempengaruhi orang lain agar orang tersebut mahu bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kepemimpinan juga sering dikenali sebagai kemampuan untuk memperoleh konsensus anggota organisasi untuk melakukan tugas management agar tujuan organisasi tercapai.
a. Menurut George Terry, Kepemimpinan adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang lain agar mahu bekerja dengan suka rela untuk mencapai tujuan kelompok.
b. Menurut Cyriel O’Donnell, kepemimpinan adalah mempengaruhi orang lain agar ikut serta dalam mencapai tujuan umum.
Dari dua pengertian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahawa kepemimpinan terdiri atas :
1. Mempengaruhi orang lain agar mahu melakukan sesuatu.
2. Memperoleh konsensus atau suatu pekerjaan.
3. Untuk mencapai tujuan manager.
4. Untuk memperoleh manfaat bersama.
Sehingga jika dilihat pada konteks kepemimpinan hal yang saling berkaitan adalah ada unsur penggerak, adanya peserta yang digerakkan, adanya komunikasi, adanya tujuan organisasi dan adanya manfaat yang tidak hanya dinikmati oleh sebahagian anggota.
B. Fungsi dan Tugas
Seorang pemimpin secara umum berfungsi sebagai berikut :
1. Mengambil keputusan
2. Mengembangkan informasi
3. Memelihara dan mengembangkan loyaliti anggota
4. Memberi dorongan dan semangat pada anggota
5. Bertanggungjawab keatas semua aktiviti dan kegiatan
6. Melakukan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan
7. Memberikan penghargaan pada anggota yang berprestasi
Sedangkan tugas kepemimpinan dapat dijelaskan sebagai berikut :
a. Yang berkaitan dengan kerja :
- Mengambil inisiatif
- Mengatur langkah dan arah
- Memberikan informasi
- Memberikan sokongan
- Memberi pemikiran atau pendapat
- Mengambil suatu kesimpulan
b. yang berkaitan dengan kekompakan anggota :
- Mendorong, bersahabat, bersikap menerima
- Mengungkapkan perasaan
- Bersikap mendamaikan
- Berkemampuan mengubah dan menyesuaikan pendapat
- Memperlancar pelaksanaan tugas
- Memberikan peraturan
C. Level dan Keterampilan Yang Perlu Dimiliki
Kepemimpinan dibagi menjadi sebagai berikut :
1. Level Top Leader/Top Management
Pimpinan puncak, misalnya, direktor utama. Melakukan tugas yang bersifat konseptual.
Misalnya, melakukan perencanaan yang akan dilakukan seluruh anggota.
2. Level Middle Leader/Middle Management
Golongan menengah, misalnya, staf produksi, manager kewangan. Melakukan tugas konseptual sebagai penjajaran dari top management, juga melakukan pekerjaan tersebut. Penguasaan
Teknik relatif .
3. Lower Leader/Lower Management
Golongan bawah, misalnya, supervisor, mandor dan pelaksana teknik. Harus menguasai teknik
walaupun secara konseptual tidak begitu penting.
D. Gaya Kepemimpinan
Gaya kepemimpinan secara umum dapat dikategorikan sebagai berikut :
1. Orientasi pekerjaan (task oriented)
2. Orientasi kekompakan (human oriented)
Dari dua cara kepemimpinan tersebut berkembang cara kepemimpinan yang lain seperti :
- Gaya keterampilan tinggi, kerja rendah
- Gaya kerja tinggi, keterampilan rendah
- Gaya kerja tinggi, keterampilan tinggi
- Gaya kerja rendah, keterampilan rendah
E. Persyaratan Ideal Bagi kepimpinan
Menurut George R. Terry, pemimpin harus memiliki ciri sebagai berikut :
1. Mental dan fisik yang energik
2. Emosi yang stabil
3. 3.Pengetahuan human relation yang baik
4. Motivasi personal yang baik
5.berkomunikasi yang berkesan
6. Cakap untuk mengajar, mendidik dan mengembangkan orang bawahan
7. Ahli dalam bidang sosial
8. Berpengetahuan luas dalam bidang teknikal dan management Menurut Horold Koontz dan Cyrel O’Donnel, ciri-ciri pemimpin yang baik adalah :
a. Tingkat kecerdasan yang tinggi
b. Perhatian terhadap keseluruhan kepentingan
c. Cakap berbicara
d. Matang dalam emosi dan fikiran
e. Motivasi yang kuat
f. Penghayatan terhadap kerja sama
No comments:
Post a Comment