Tuesday 10 July 2012

Lempuyang Emprit (Zingiber Amaricans)



PENDAHULUAN
Pemanafaatan tanaman ubatan sebagai pengubatan alternatif semakin meningkat. Ini antara lainnya disebabkan dari harga ubat-ubatan modern yang semakin mahal sehingga tidak dapat dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah dan juga kecenderungan masyarakat dunia untuk kembali ke alam “back to nature”. Selain itu ubat tradisional dinilai lebih efektif, selamat, dan ekonomik.
Lempuyang adalah saudara sejenis halia. Ia adalah tanaman berbatang basah, yang tidak berkayu lebih besar ukuran lilitan dan ketinggian dari haliah, tingginya boleh mencapai sehingga 1.8 meter. Daunnya bulat panjang dan yang berkhasiat sekali adalah ubinya yang berada didalam tanah. Lempuyang merupakan tanaman tumbuh liar dibeberapa kawasan di nusantara dan menjadi ubatan tradisional setempat yang memiliki banyak manfaat.
Terdapat 3 jenis Lempuyang ia itu:
1. Lempuyang Emprit (Zingiber Amaricans)


Nama Lain : Lempuyang pahit,
Nama Latin : Zingiber amaricans BL.
Kekuarga : Zingiberaceae

Salah satu tanaman ubat yang dimanfaatkan dalam bidang pengubatan adalah lempuyang pahit (Zingiber americans Bl)Zingiber americans termasuk dalam suku zingiberaceae. Kandungan senyawa kimia tanaman ini adalah minyak atsiri, saponin, flavonoid. Kempulan senyawa ini sering digunakan sebagai bahan dasar ubat. Sebagai contoh saponin merupakan senyawa yang bersifat anti kanker, senyawa flavonoid bersifat antioksidan. Minyak atsiri yang berasal dari Curcuma mangga Val. E Zijp, mempunyai aktiviti sebagai antibakteria yang dapat menghambat pertumbuhan bakteria Escherichia coli.
Lempuyang jenis ini memiliki manafaat sebagai ubat menurunkan suhu ketika demam panas. Karena ia memiliki kandungan senyawa sekulterpenketun atau minyak atsiri yang dapat menurunkan suhu badan. Selain itu, Tumbuhan ini banyak digunakan sebagai penambah nafsu makan, cirit-birit, sakit perut, lenguh badan, asma, mencegah kehamilan. Pada umumnya bagian yang digunakan adalah ubi nya yang berwarna putih kekuning-kuningan dan mempunyai rasa pahit. Ubinya dimasak sebagai lauk, dimakan bersama nasi putih bagi perempuan lepas bersalin / melahirkan anak.
GAMBARAN:
Batang : Batang semu berupa kumpulan pelepah daun yang bersilang berwarna hijau.
Ubi : Ubinya jenis merayap, berisi gebu, aromatik. Sebelah luar berwarna coklat muda, irisan melintang berwarna kuning muda, rasanya pahit pedas, berbau aromatic khas.
Pembiakan: pada umumnya hanya dengan sepotong ubi yang bermata tunas atau anak yang masih muda setidak tidaknya dengan 1 tunas. Secara alami potongan ubi yang telah bertunas akan tumbuh dengan lebih baik. Tumbuhan ini dapat berkembang secara baik di hutan, kebun, pekarangan rumah dengan kepanasan matahari di bawah teduh kurang lebih 11-585 lux.
PROFIL  KROMATOGRAM DAN AKTIVITI ANTIBAKTERIA:



Lempuyang pahit (Zingiber americans Bl) merupakan salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai ubat. Minyak pati yang terdapat didalamnya dianggap mempunyai aktiviti antibakteria. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profil kromatogram dan aktiviti antibakteria ekstrak etanol ubi lempuyang pahit terhadapEschericia coli secara in vitro.
Escherichia coli adalah bakteria batang gram negatif yang merupakan flora normal usus manusia yang dapat menyebabkan jangkitan saluran cerna dan jaringan tubuh lain diluar usus seperti infeksi saluran kemih, meningitis, septikemia, peritonitis, mastitis, dan pneumonia. E colimerupakan bagian dari faecal coliform. Keberadaannya dalam air dapat menjadi petunjuk adanya pencemaran air oleh tinja. Percemaran air akan mempengaruhi makanan dan minuman yang dimakan oleh manusia yang mendatangkan pelbagai penyakit.
Permasalahannya adalah bagaimana profil kromatogram dan berapa kadar Zingiber americans Bl dapat menghambat dan atau membunuh Escherichia coli?
Berdasar latar belakang dan rumusan masalah yang ada, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kromatogram dan mengukur aktiviti antibakteria ekstrak etanol ubi lempuyang pahit terhadap bakteria Escherichia coli. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan penelitian lebih lanjut mengenai kandungan Zingiber americans Bl yang memiliki efek antibakteria terhadapE.coli dan menjadi pertimbangan masyarakat dalam menggunakannya sebagai antibiotik. Oleh karena itu, pemanafaatan bahan alami untuk pengubatan termasuk tumbuhan, perlu dilakukan bagi membukti secara ilmiah untuk mengetahui khasiat dan kebaikannya.
Keputusan : Hasil analisa menggunakan profil kromatografi lapis tipis terdapat 6 bekas berwarna. Hasil uji aktiviti antibakteria untuk Kadar Hambat Minimum (KHM) ekstrak etanol ubi lempuyang pahit terhadap E.coliterdapat perbedaan mulai dari konsentrasi 25% v/v dengan p=0,001. Dan pada Kadar Bunuh Minimum (KBM) terdapat perbedaan mulai dari konsentrasi 50 % v/v dengan p=0,0021.
Kesimpulan : Hasil uji aktiviti antibakteria menunjukkan bahwa Zingiber Americans Bl memilki sifat bakteriostatik dan bakterisid terhadap E.coli. KHM Zingiber americans Blterhadap E.coli adalah 25 % v/v. KBM Zingiber americans Bl terhadap E.coli adalah 50 % v/v

No comments:

Post a Comment