Tuesday 3 July 2012

Akar Ginseng jawa Talinum paniculatum Gaertn



Kolesom (Talinum triangulare) merupakan salah satu tanaman obat yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai obat kuat dalam campuran minuman atau jamu,yang olehnya biasa juga disebut som jawa.

Kolesom sangat memiripi tanaman Talesom dengan bentuk batang tanaman kemerah merahan dan daun bulat bertangkai yang disetiap ujungnya ditumbuhi bunga bunga kecil bediameter 2 mm serta daun mahkota berwarna merah tua bercampur kuning.
buah berupa butiran kecil yang stelah tua berwarna kelabu.
Akar kolesom digunakan secara umum sebagai bahan campuran Anggur kolesom dan sari akarnya digunakan dalam pembuatan Brem.
belum ada penelitian lebih lanjut yang bisa menjelaskan secara pasti tentang zat dan manfaat kolesom, namun secara turun temurun akar dan daunnya dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh.


Sejauh ini baru diketahui bahwa di dalam akar kolesom terdapat zat aktif seperti saponin, flavonoid dan tanin serta senyawa terpen, terpenoid,stigmaterol berikut asam-asam organik,turut menyertai sari akar yang ada pada kolesom.
bagian daun mengandung vitamin A yang cukup tinggi, serat dan beragam zat mineral penting lainnya.
salah satu produk minuman dengan penggunaan kolesom sebagai bahan 
Nama Tempatan: Akar Ginseng jawa
Nama Saintifik: Talinum paniculatum Gaertn
Nama Lain: Akar Som Jawa, Akar Som, Akar Songsong, Akar Ginseng, Ulam Ginseng, Som jawa, kelesom(Taalinum triangulare wild), Turen shen, Panicled Fame flower Root (English), Talini Paniculati Radix
Famili: Portulacaceae
Lokasi dijumpai: Lokasi gambar: seberang jaya pulau pinang
Asal: Amerika tropika
Akar ginseng yang asalnya tumbuhan liar kini mula ditanam dihalaman rumah sebagai tumbuhan hiasan dan tumbuhan ulam yang mempunyai khasiat perubatan. Mengikut  kajian saintifik, kandungan kimia dan morfologi tumbuhan ini menyamai ginseng korea dan cina. Daunnya yang dijadikan ulam dapat menambahkan selera makan dan meningkatkan kecerdasan badan.
Selain itu, ia juga boleh  menambah air susu bagi ibu yang sedang menyusukan anak. Akarnya pula boleh meredakan masalah batuk dan masalah paru-paru yang lain seperti asma. Daunnya yang ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit gula merah boleh digunakan untuk merawat bisul dengan cara menampalnya pada bisul.
Masyarakat melayu di malaysia terutamanya di Kelantan menjadikan akar ginseng sebagai ulam mentah. Kaum cina juga memanafaatkan tumbuhan ini dengan menggorengkan sebagai sayur dalam masakan mereka.


>>  Pokok akar ginseng jawa
Rupa-rupanya ada banyak khasiat akar ginseng jawa nie, bukan kepada haiwan tetapi kepada manusia juga..Khasiatnya juga menyamai ginseng Cina dan Korea.
Khasiat Akar Ginseng Jawa
  • khasiat daunnya (dijadikan sebagai ulam)
- dapat menambahkan selera makan dan meningkatkan kecerdasan badan .
- dapat menambahkan susu ibu/arnab betina
- ditumbuk halus dan dicampurkan dengan sedikit gula merah untuk merawat bisul.
- merawat masalah batin dalaman haiwan (arnab) dan manusia.
  • khasiat akarnya
- sebagai ubat batuk dan masalah paru-paru. Contoh :- Penyakit asma.
  • Sinonim: Talinum paniculatum, Portulaca paniculata.
  • Juga dikenali dengan nama Akar Som, Kolesom, Ginseng Jawa, Ulam Ginseng, Daun Ginseng, Gelang Porslen, Krokot Belanda, Panicled Fameflower atau Jewels of Opar.
  • Berbatang lembut tidak berkayu dengan bunga 5 kelopak berwarna ungu muda.
  • Daun dan batang mengandungi lendir.
  • Menghasilkan buah bersaiz kecil dengan biji benih berwarna hitam apabila matang.
  • Akar yang sudah tua membentuk umbisi seakan ginseng.
  • Hidup dengan subur di kawasan separa teduh dan tanah bersaliran baik.
  • Seluruh tumbuhan digunakan dalam bentuk segar dan kering secara tradisional mengikut fungsinya untuk merawat lemah tenaga batin, bisul, bengkak, kurang selera makan, paru-paru lemah, keputihan, haid tidak teratur dan masalah susu ibu terlalu sedikit.
  • Bersifat neutral dan berasa manis, sedikit pedas.
  • Turut diamalkan secara tradisi oleh penduduk tempatan sebagai ulam bersama nasi untuk awet muda atau digoreng terlebih dahulu.
  • Penggunaan herba ini sebagai ubat dalaman harus mendapat  nasihat daripada pakar herba bagi mengelakkan keracunan.

kar Ginseng jawa

Nama Tempatan:

Akar Ginseng jawa

Nama Saintifik:

Talinum paniculatum Gaertn

Nama Lain:akar som jawa,akar som,akar songsong, akar ginseng, ulam ginseng, som jawa, kelesom(Taalinum triangulare wild),Turen shen,panicled fameflower root(inggeris),Talini paniculati Radix
Famili:Portulacaceae
Lokasi dijumpai:Lokasi gambar: seberang jaya pulau pinang
Asal:Amerika tropika

keterangan:

Akar ginseng yang asalnya tumbuhan liar kini mula ditanam dihalaman rumah sebagai tumbuhan hiasan dan tumbuhan ulam yang mempunyai khasiat perubatan.

kegunaan:

Mengikut  kajian saintifik kandungan kimia dan morfologi tumbuhan ini menyamai ginseng korea dan cina.


daunnya yang dijadikan ulam dapat menambahkan selera makan dan meningkatkan kecerdasan badan.ia juga dapat menambahkan air susu bagi ibu yang sedang menyusukan anak.akarnya pula boleh meredakan masalah batuk dan masalah paru-paru yang lain seperti asma.daunnya yang ditumbuk halu dan dicampurkan dengan sedikit gula merah boleh digunakan untuk merawat bisul dengan cara menampalnya pada bisul tersebut


masyarakat melayu di malaysia terutamanya di kelantan menjadikan akar ginseng sebagai ulam mentah. Kaum cina juga memanafaatkan tumbuhan ini dengan menggorengkan sebagai sayur.



Tonik Pria dari Jawa
Quirkies Wed, 27 Aug 2008 17:49:00 WIB

Banyak pria ingin tampil lebih perkasa. Berbagai cara pun ditempuh, termasuk mengonsumsi ’’jamu kuat’’ khusus lelaki, dan obat kuat baik produk lokal maupun impor. Bagaimana hasilnya, yang tahu hanyalah konsumen itu sendiri. Tak pelak di pasar bebas beredar jamu dan obat yang menawarkan khasiat menambah kejantanan. Tetapi tak jarang pengguna kecewa, karena tidak mempan alias tidak berpengaruh terhadap penampilannya.

Untuk mengatasi kelesuan dan keloyoan, sebenarnya di Jawa sudah lama terdapat resep tradisional yang bisa digunakan sebagai tonik untuk menambah dan memperbaiki stamina kaum Adam. Hanya saja, belum banyak orang tahu hal tersebut. Resep itu adalah ramuan akar tanaman somjawa (Talinum paniculatum [jack] gaertn) yang bisa dibuat sendiri oleh siapa pun.

Tanaman yang memiliki nama lain Talinum patens willd itu tumbuh dalam bentuk semak menahun. Ia termasuk dalam keluarga Portulacaceae. Som jawa memiliki batang berkayu. Daunnya bersifat tunggal, bulat telur, dan berwarna hijau. Perbungaan berbentuk malai di ujung tangkai, dengan mahkota bunga lima berbentuk bulat telur, dan berwarna keunguan. Buahnya kotak, berwarna merah kecokelatan atau kuning.




Ginseng Jawa

Akar somjawa, atau dikenal pula dengan istilah ginseng jawa, mengandung unsur kimia saponin, steroid, dan minyak atsiri. Dengan potensi kandungan seperti itu, tanaman yang sudah mulai langka tersebut memiliki khasiat aprodisiak, antiinflamasi, dan antibengkak, serta dapat digunakan untuk tonik kaum laki-laki (www.iptek@net.id; 2007).

Ingin mencoba? Carilah tanaman ginseng jawa itu, lalu ambil akarnya sebanyak dua gram. Tambahkan satu gram rimpang lempuyang emprit, satu gram cabai jawa, empat gram rimpang jahe, dan 110 mililiter (ml) air. Semua bahan diramu menjadi seduhan atau infus. Setelah racikan jadi, minumlah satu kali sehari sebanyak 100 ml. Pemakaian diulang selama tujuh hari, insya Allah keperkasaan bisa bertambah.

Perlu diingat, ramuan tersebut bukan untuk mengatasi keluhan kaum lelaki berkaitan dengan aktivitas seksualnya, seperti disfungsi seksual dan ejakulasi dini. Racikan somjawa hanya cocok untuk me-nambah tenaga atau memperbaiki stamina kaum pria, sehingga badan tidak mudah lelah atau loyo. Ramuan dari Jawa ini sifatnya hanya sebagai tonik, bukan sebagai obat kuat. (Gupita Dara Swara Ovianta-32)





Ginseng Jawa / Som Jawa

(Talinum paniculatum (jacq.) Gaertn.)  

Sinonim :

T. crassifolium Willd.. T. patens (L.) Willd..Portulaca patens L.

Familia :

Portulacaceae


Uraian :
            Som jawa ditanam sebagai tanaman hias  atau tanaman obat, kadang ditemukan tumbuh liar.
Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropis. Akarnya berdaging tebal, biasa digunakan sebagai pengganti kolesom, kadang juga tumbuhan ini dibuat menjadi masakan. , batang bercabang di bagian bawah dan pangkalnya mengeras. Daun tunggal, letak berhadapan, bertangkai pendek, bundar telur sungsang, tepi rata, ujung dan pangkal runcing. Perbungaan majemuk dalam malai di ujung tangkai, berbentuk anak payung menggarpu yang mekar di sore hari, warnanya merah ungu. Buahnya buah kotak, diameter 3 mm, bijinya kecil, hitam, bulat gepeng.

       Daun berdaging berwarna hijau terang atau agak keputihan; batang bulat sukulen dan berdiri tegak, sedangkan pangkalnya agak mengeras. 
Daunnya tunggal, tunas-tunas cabang akan muncul pada ketiak daun, kedudukan daun berhadapan atau bersilangan, bertangkai pendek, bulat telur sungsang, tepi daun rata dengan tulang daun menyirip, ujung dan pangkal runcing,. Permukaan daun lembut dan licin, agak berdaging. Permukaan bagian atas berwarna hijau terang, licin dan gundul, sedang permukaan bagian bawah hijau muda. Perbungaannya majemuk dalam mulai di ujung tangkai, berbentuk anak payung menggarpu yang mekar pada sore hari. Bunganya kecil dengan daun mahkota merah ungu berjumlah 5 helai  dan berbentuk oval.Keracunan terjadi karena pemakaian terlalu banyak yang biasanya memiliki gejala mual, muntah dan sesak napas. Pengobatan keracunan dengan minum kopi keras dan tempatkan pasien di tempat terbuka dan berangin.
        Ginseng jawa atau som jawa merupakan salah satu jenis tanaman yang dikelompokkan kedalam kelompok ginseng yang diyakini bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas tubuh dan daya seksual (afrodisiak). Berdasarkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa ginseng jawa mengandung senyawa turunan saponin, alkaloid, tannin, dan senyawa-senyawa lain yang secara fisiologis dapat melancarkan sirkulasi atau peredaran darah pada system saraf pusat atau sirkulasi darah tepi. Obat tradisional jenis afrodisiak seperti ginseng jawa juga digunakan untuk meningkatkan stamina.
Akar atau umbi ginseng jawa mengandung  zat-zat penting seperti saponin dan flavonoid yang bersifat manis dan netral serta berkhasiat menguatkan paru-paru, tonikum, da afrodisiak. Sementara daunnya, selain mengandung saponin dan flavonoid, juga mengandung steroid dan minyak asiri yang brkhasiat meningkatkan nafsu makan (stomakik).  keracunan terjadi karena pemakaian terlalu banyak yang biasanya memiliki gejala mual dan sesak nafas  . Pengobatan yang keracunan som jawa dapat diobati dengan minum kopi.
Keracunan terjadi karena pemakaian terlalu banyak yang biasanya memiliki gejala mual, muntah dan sesak napas. Pengobatan keracunan dengan minum kopi keras dan tempatkan pasien di tempat terbuka dan berangin.

Keracunan terjadi karena pemakaian terlalu banyak yang biasanya memiliki gejala mual, muntah dan sesak napas. Pengobatan keracunan dengan minum kopi keras dan tempatkan pasien di tempat terbuka dan berangin.
Keracunan terjadi karena pemakaian terlalu banyak yang biasanya memiliki gejala mual, muntah dan sesak napas. Pengobatan keracunan dengan minum kopi keras dan tempatkan pasien di tempat terbuka dan berangin.
Keracunan terjadi karena pemakaian terlalu banyak yang biasanya memiliki gejala mual, muntah dan sesak napas. Pengobatan keracunan dengan minum kopi keras dan tempatkan pasien di tempat terbuka dan berangin.

kandungan kimia :
Saponin mempunyai efek antiradang, sedangkan flavonoid dapat mengurangi pembengkakan, bakterisidal, antivirus, dan antihistamin. Sementara itu, tannin berefek mendinginkan.

Pemanfaatan :
bagian yang digunakan :
Akar, daun. Akar setelah dicuci lalu dikukus, baru dikeringkan untuk penyimpanan.

No comments:

Post a Comment