Monday 23 July 2012

Mencegah Rambut gugur dukung anak


1. Minyak jarak pagar
  • Basahi kulit kepala dengan minyak jarak pagar, sambil dipijat-pijat, lakukan seminggu sekali.
2. Daun lidah buaya
  • Daun lidah buaya dicuci, dikupas. Isinya digosokan pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Esoknya, rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.
3. Dan pare
  • Daun pare dicuci, remas-remas, oleskan kekulit kepala anak. Setiap hari sekali selama satu bulan.
4. Seledri
  • Lumatkan 5 tangkai seledri, beri air 3 sedok makan, peras. Air perasannnya dioleskan pada kulit kepala. Lakukan setiap hari hingga 3 – 4 minggu.
5. Minyak biji jarak
  • 20 – 30 biji jarak ditumbuk, lalu diperas untuk diambil miyaknya. Oleskan kekulit kepala.
6. Cairan bonggol pisang
  • Cairan dari bonggol pisang dioleskan kekulit kepala. Atau bonggol pisang ditumbuk dan diperas untuk diambil airnya. Campurkan air itu dengan minyak orang aring secukupnya. Embunkan 1 malam. Basahkan kulit kepala dengan ramuan ini sambil memijatnya. Setelah beberapa jam keramasi.
7. Teh basi
  • Teh yang sudah basi (jangan teh manis) diborehkan kekulit kepala, diamkan selama 1 jam, lalu keramas.
8. Daun waru
  • Beberapa lembar daun waru diremas-remas, diperas, ambil airnya, embunkan. Oleskan kekulit kepala, diamkan 10 – 15 menit, lalu bilas hingga bersih.
9. Daun orang-aring
  • Segenggam daun urang-aring dicuci bersih, remas-remas rendam diair. Gunakan ramuan ini untuk keramas.
Semoga tip ramuan perawatan rambut diatas bisa bermanfaat bagi anda semua. Aminnn

Obat Herbal dan Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Rambut Rontok

 | December 20, 2011 0 Comments
Hal atau tema yang banyak di cari atau dikunjungi diblog baitulherbal.com ini adalah tentang ” Tips Mengatasi Rambut Rontok “  hal ini sangat di maklumi karena trend akan pengobatan yang alami semakin dicari oleh masyarakat kita. Hal ini tentunya dilandasi akan semakin pahamnya atau pedulinya masyarakat kita akan pengobatan yang sehat, dengan efek samping yang seminimal mungkin. Dan tentunya  pilihan akan obat herbal ataupun tradisional menjadi sangat pas.
Obat Tradisional untuk Mengatasi Rambut Rontok Obat Herbal dan Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Rambut Rontok
Ramuan Obat Tradisional untuk Mengatasi Rambut Rontok
Berikut hasil pencarian kami untuk mengatasi rambut rontok,  semoga bermanfaat.
Dibawah ini beberapa Ramuan obat herbal tradisional untuk mengatasi rambut rontok,  Bapak/Ibu/Saudara/i  dapat memilih dan mencoba. Semoga dapat segera sembuh.
  • Ramuan Obat Herbal Tradisional 1 :
Air teh kental didiamkan selama semalam
Pemakaian : Gunakan keesokkan harinya untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat secara merata dan biarkan beberapa saat, lalu bilas. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu.
  • Ramuan Obat Herbal Tradisional 2 :
Ambil kemiri secukupnya, lalu cuci hingga bersih, setelah itu kemiri ditumbuk hingga halus. Tambahkan air secukupnya kemudian direbus hingga keluar minyaknya.
Pemakaian : Oleskan minyak kemiri pada kulit kepala hingga merata. Setelah agak kering, lakukan secara teratur 2 kali seminggu.
  • Ramuan Obat Herbal Tradisional 3 :
1 buah jeruk nipis diambil airnya, oleskan air jeruk nipis tersebut pada kulit kepala hingga merata. Setelah agak kering, oleskan juga kuning telur ayam pada kulit kepala hingga merata. Kepala dibalut dengan handuk selama semalam. Keesokan harinya dikeramas hingga bersih.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
  • Ramuan Obat Herbal Tradisional 4 :
Rendam Cabai rawit secukupnya d dengan alkohol 75 % selama 14 hari, airnya dioleskan pada kulit kepala. Lakukan setiap hari.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
  • Ramuan Obat Herbal Tradisional 5 :
Seledri beserta tangkai secukupnya, dicuci bersih, lalu haluskan.
Pemakaian : Oleskan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat. Lakukan setiap hari
  • Ramuan Obat Herbal Tradisional 6 :
Daun pare segar secukupnya dicuci bersih , haluskan, lalu peras.
Pemakaian : Gunakan airnya untuk keramas dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.
  • Ramuan Obat Herbal Tradisional 7 :
Kupas daun lidah buaya
Pemakaian : Gosokkan di kepala sampai merata dan biarkan selama beberapa jam, lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu.
  • Ramuan Obat Herbal Tradisional 8 :
Siapkan 10 lembar daun waru muda yang segar, segenggam daun urang-aring, 5 lembar daun mangkokan, 1 lembar daun pandan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar. Setelah disiapkan cuci bersih bahan, potong-potong, masukkan ke dalam panci, tambahkan ½ cangkir minyak kelapa dan ½ cangkir minyak wijen, lalu panaskan sampai mendidih. Setelah dingin, saring.
Pemakaian : Oleskan di kulit kepala sambil dipijit-pijit. Lakukan pada malam hari sebelum tidur dan esok paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali seminggu.
  • Ramuan Obat Herbal Tradisional 9 :
Diamkan air teh kental selama semalam
Pemakaian : Gunakan keesokan harinya untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat secara merata dan biarkan beberapa saat, lalu bilas. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu.

PENGARUH Phyllanthus niruri L. (FLAVANOID) PADA SIMTEM IMUN TUBUH

MAKALAH FITOFARMAKA
PENGARUH Phyllanthus niruri L. (FLAVANOID) PADA SIMTEM IMUN TUBUH




Disusun oleh
Nama        : David Wahyu Irawan
NIM           : 10023181
Kelas          : IIIC


FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
YOGYAKARTA
2011

I JUDUL
PENGARUH Phyllanthus niruri L. (FLAVANOID) PADA SIMTEM IMUN TUBUH
II TUJUAN
Tujuan penulisan makalah ini diharapkan dapat memberikan bukti tentang
peran dan manfaat Phyllanthus niruri L sebagai tanaman yang mempuyai efek
imunomodulator terhadap sistem imun tubuh.

III TINJAUAN PUSTAKA
3.1 STIMUNO
Stimuno (POM FF 041 300 411, POM FF 041 600 421)
Komposisi:
Phyllanthi Herba ekstrak 50 mg
Stimuno mengandung formula dari komposisi tunggal ekstrak tanaman meniran, yang dalam bahasa latin disebut Phyllanthus niruri. Ekstrak tersebut diambil dari bagian akar, daun, batang dan buah Phyllanthus yang diformulasi menjadi sirup dan kapsul.
stimuno dapat dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. stimuno Sirup bisa dikonsumsi oleh anak mulai usia 1 tahun dan stimuno kapsul bisa dikonsumsi oleh anak (bagi yang sudah bisa menelan kapsul) juga orang dewasa.
Stimuno Untuk Sistem Imun Tubuh
Sistem imun tubuh terdiri dari banyak komponen. Semua komponen tersebut akan bekerja secara serentak manakala tubuh mendapatkan serangan dari penyakit yang berasal dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh kita sendiri. Kerja sistem imun tubuh kita secara sederhana terbagi dalam 3 kelompok :
  • Sistem pertahan tubuh awal : contohnya, kulit, rambut di kulit, air mata
  • Sistem pertahanan tubuh non spesifik (alamiah) : adalah sistem yang paling cepat bereaksi ketika ada serangan virus, bakteri atau mikroba dari luar.
  • Sistem pertahanan spesifik (dapatan) : sistem ini baru bekerja ketika perlawanan sistem imun alami kita tidak cukup dan bekerja menurut jeniis serangan virus atau  bakteri yang terjadi. Yang bekerja pada sistem ini adalah Limfosit T & B. Hasil kerja sistem inilah yang berbentuk antibodi (IgG dan IgM).
Sistem imun berkembang sesuai dengan perkembangan tubuh kita, pada waktu bayi umumya sistem imun masih belum banyak berkembang, beberapa komponen masih belum dapat bekerja optimal. Dengan bertambahnya usia dari anak-nak menuju remaja hingga dewasa, sistem imun berkembang untuk bekerja lebih optimal. Tetapi memasuki usia tua, sistem imun menurun kemballi. Oleh karena itu, anak-anak dan lansia mudah sekali terkena penyakit.
Pada prinsipnya, orang dengan kondisi sistem imun dalam keadaan prima, tidak mudah terkena infeksi, akan tetapi jika pada saat tertentu sistem imunterganggu atau tidak bekerja dengan baik, maka infeksi oleh bakteri, virus atau jamur mudah masuk ke dalam tubuh.
Banyak faktor yang dapat mengakibatkan sistem imun terganggu, di antaranya: stress, kurang gizi, terlalu lelah, dsb. Untuk mengatsinya diperlukan pola hidup sehat, antara lain : cukup istirahat, makan bergizi seimbang, tidak stress, menghindari lingkungan yang dapat mengakibatkan sakit dan bila perlu mengkonsusmsi obat atau suplementasi yang dapat menguatkan sistem imun (daya tahan) tubuh.
Imunomodulator berperan membuat sistem imun lebih aktif dalam menjalankan fungsinya menguatkan sistem imuntubuh (imuno stimulator) atau menekan reaksi sistem imun yang berlebihan (imuno supresan) sehingga kekebalan atau daya tahan tubuh kita selalu optimal menjaga kita tetap sehat ketika diserang oleh virus, bakteri atau mikroba lainnya.
Salahsatu imunomodulator yang telah teruji klinis dengan baik adalah Stimuno. Stimuno telah memperoleh sertifikat FITOFARMAKA dari BPOM karena telah terstandarisasi dan telah lolos uji pre klinis (uji keamanan) dan uji klinis (pembuktian khasiatnya). STIMUNO terbuat dari ekstrak Phyllanthus niruri (meniran, herbal asli Indonesia).
Dengan mengkonsusmsi imunomodulator stimuno ‘ orang akan meningkat kerja sistem imunnya sehingga dapat :
  • Mempercepat proses penyembuhan jika terkena infeksi.
  • Pencegajhan/ proteksi jika berada di tempat yang sedang mewabah penyakit menular misal: demam berdarah, SARS, flu burung, malaria, influenza, dll.
  • Pencegahan bagi merekayang berbakat terkena penyakit yang mudah diturunkan, misal: hepatitis B dan C, kanker.
  • Pencegahan bagi mereka yang bekerja atau bertempat tinggal di lingkungan yang kotor, pekerja rumah sakit dan laboratorium klinik yang banyak kontak dengan bahan terinfeksi,pekerja di peternakan ayam atau babi .
3.1.1Keunggulan
Tidak seperti vitamin yang hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh (imune booster). stimuno bekerja langsung memperkuat sistem imun dengan memperbanyak produksi antibodi seperti tentara yang menjaga benteng pertahanan tubuh (imuno modulator). Pada orang sehat, sistem imun yang kuat akan mencegah penyakit dan pada orang yang susah terserang penyakit, sistem imun yang diperkuat akan membantu mempercepat penyembuhan
  • Mengaktifkan semua lapisan sistem imun. stimuno bekerja mengaktifkan sistem imun non-spesifik dan sistem imun spesifik
  • Satu-satunya imunomodulator dengan standar FITOFARMAKA (telah uji klinik)
  • Meniran (Phylanthus niruri) sebagai bahan dasar stimuno dibudidayakan dengan teknologi modern mengikuti standar GAP (Good Agriculture Practices) dan diproses mengikuti standar c-GMP (current-Good Manufacturing Practices) dan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) sesuai standar industri farmasi
  • Aman. stimuno aman digunakan untuk pemakaian jangka panjang dan dapat dikonsumsi bersama dengan obat atau vitamin
  • Dipercaya oleh para dokter. stimuno sudah diresepkan dokter dengan baik selama 5 tahun.
3.2 MENIRAN
Meniran disebut  Phyllanthus urinaria Linn, batangnya yang berwarna hijau kemerahan, atauPhyllanthus niruri untuk yang batangnya berwarna pucat. Termasuk dalam famili tumbuhan Euphorbiaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah Memeniran atau meniran merah. Nama lain dari Phyllanthus niruri Ladalah Phyllanthus urinaria L.,
Phyllanthus alatas BI, Phyllanthus cantonensis Hornen, Phyllanthus
echinatus Wall, Phyllanthus leptocarpus Wight. Nama daerah lainnya yaitu
Jawa: meniran, meniran merah, meniran hijau. Sunda: memeniran. Maluku: Child pick a back ( Inggris )Kilanelli ( India ), Meniran ( Jawa ), Zhen chu cao, Ye xia zhu ( Cina ),Gasau madungi ( Ternate ).

Klasifikasi :
Divisi                : Spermatophyta
Subdivisi           : Angiospermae
Kelas               : Dicotyledonae
Bangsa             : Geraniales
Suku                : Euphorbiaceae
Marga              : Phylianthus
Jenis                 : Phyllanthus niruri L.
3.2.1 Morfologi :
Meniran adalah tanaman semusim, tumbuh tegak, bercabang-cabang, dan tingginya antara 30 cm-50 cm
DAUN:
Epidermis atas terdiri dari 1 lapis sel dan agak menonjol keluar, epidermis bawah lebih menonjol dari epidermis atas, pada penampang tangensial sel epidermis atas dan bawah mempunyai dinding samping yang bergelombang, kutikula jelas dan berbintik. Stomata tipe anisositik, terdapat pada kedua permukaan, pada permukaan bawah lebih banyak. Jaringan palisade terdiri dari 1 lapis sel berbentuk silindrik, tebal jaringan hampir setengah tebal mesofil daun. Pada jaringan palisade dari varietas  genuinus terdapat hablur kalsium oksalat berbentuk prisma berukuran 10 m sampai 15 m; pada jaringan palisade dari varietas  javanicus terdapat hablur kalsium oksalat berbentuk roset berukuran lebih kurang 20 m. Jaringan bunga karang terdiri dari beberapa lapis sel. Berkas pembuluh tipe kolateral, tulang daun di dalam mesofil disertai hablur kalsium oksalat berbentuk roset, umumnya berukuran lebih kecil dari hablur di jaringan palisade.
BATANG:
Epidermis terdiri dari 1 lapis sel dengan bentuk memanjang. Korteks terdiri dari jaringan kolenkim dan parenkim yang berisi butir hijau daun atau berisi hablur kalsium oksalat berbentu roset besar; kelompok serabut perisikel, berlignin dan tersusun dalam lingkaran yang terputus-putus. Floem sedikit. Xilem sekunder tersusun radial. Jari-jari xilem terdiri dari 1 sampai 2 deret sel yang agak terentang radial. Dalam parenkim empulur terdapat hablur serupa hablur di korteks.
BUNGA:
Bunga tunggal, terdapat pada ketiak daun menghadap ke arah bawah, menggantung, berwarna putih, daun kelopak bentuk bintang, benang sari dan putik tidak nampak jelas, mahkota bunga kecil, berwarna putih.
BUAH:
Kulit buah terdiri dari 1 lapis sel epidermis, bentuk pipih dengan dinding luar cembung, kutikula berbintik; di bawahnya terdapat berturut-turut 1 lapis sel parenkim jernih; 2 lapis sel-sel kecil dengan dinding radial agak menebal, selapis sel serupa jaringan palisade yang jernih dengan dinding tangensial dalam dan luar lebih tebal dan berlignin.
BIJI:
Di dalam kulit biji terdapat 1 lapis sklerenkim yang terdiri dari sel batu berbentuk segi empat atau segi panjang, dinding luar dan dinding radial lebih tebal dari dinding dalam, berlignin, lumen berbentuk segi tiga, saluran noktah bercabang-cabang. Endosperm terdiri dari sel-sel kecil.
AKAR:
Merupakan akar tunggang, berwarna putih.
SERBUK:
Warna hijau kelabu. Fragmen pengenal adalah fragmen epidermis atas dan bawah serta hablur kalsium oksalat berbentuk prisma atau berbentuk roset yang berasal dari jaringan palisade atau parenkim di sekitar berkas pembuluh; fragmen mesofil; fragmen kulit buah dengan dinding tangensial serupa serabut sklerenkim; fragmen kulit biji tampak tengensial.
3.2.2 Sifat  Kimiawi
Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, antara lain : lignan (Filantin, hipofilantin, nirantin, lintetratin), flavonoid (quercetin, quercitrin, isoquercitrin, astragalin, rutin, kaempferol-4, rhamnopynoside), alkaloid, triterpenoid, asam lemak (asam ricinoleat, asam linoleat, asam linolenat), vitamin C, kalium, damar, tanin, geraniin, phyllanthin dan hypophyllanthin.
3.2.3  Efek  Farmakologis
Tumbuhan ini bersifat : astringent, peluruh air seni (menghambat pembentukan kristal kalsium oksalat), penurun panas, antihepatotoksik, antibakteri terhadap Escherichia coli, staphylococcus aureus, bacillus subtilis, hipoglikemik. Ekstrak meniran dapat menghambat aldose reductase (AR) karena senyawa ellagic acidnya mempunyai daya hambat enam kali lebih kuat daripada quercitrin yang dikenal sebagai penghambat AR (proses reduksi aldose menjadi diabetes).  Dalam  farmakologi  Cina disebut tumbuhan ini  memiliki  rasa agak asam dan sejuk..
3.2.4 Cara  Budidaya
Perbanyakan tanaman menggunakan biji. Biji disemaikan dan dipindahkan. Pemeliharaan tanaman ini mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman untuk menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar. Meniran merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah tropis yang tumbuh liar di hutan-hutan, ladang ladang, kebun-kebun maupun pekarangan halaman rumah, pada umumnya tidak dipelihara, karena dianggap tumbuhan rumput biasa. Meniran tumbuh subur di tempat yag lembab pada dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Seperti juga di sepanjang saluran air, semak-semak, dan tanah terlantar di permukaan.
3.3 Kandungan Kimia

Herba meniran (Phyllanthus niruri L.) banyak mengandung beberapa
zat kimia yaitu: flavonoid, tanin, alkaloid, saponin, lignan.
1) Flavonoid merupakan senyawa larut dalam air yang dapat diekstraksi
dengan etanol 70% dan tetap ada lapisan air setelah dikocok dengan eter
minyak bumi. Flavonoid berupa senyawa fenol, karena itu warnanya
berubah bila ditambah basa atau amoniak. Flavonoid umumnya terdapat
dalam tumbuhan terikat pada gula sebagai glikosida dan aglikon.
Flavonoid yang merupakan bentuk kombinasi glikosida, terdapat dalam
semua tumbuhan berpembuluh (Harborne, 1987). Beberapa turunan
flavonoid terdapat pada tumbuhan tingkat tinggi dan hanya terdapat pada
organ-organ tertentu dari tumbuhan seperti akar, batang, daun, bunga, biji,
dan kulit kayu.
2) Lignan berupa zat padat hablur tanpa warna yang menyerupai senyawa
aromatik sederhana yang lain dalam sifat kimianya. Lignan tersebar luas
di dunia tumbuhan, terdapat dalam kayu, daun, eksudat, damar, dan bagian
tumbuhan lain. Lignan terkadang dijumpai sebagai glikosida. Lignan
digunakan sebagai antioksidan dalam makanan. Selain itu lignan juga
merupakan kandungan kimia yang aktif dalam tumbuhan obat tertentu.
Lignan dapat diekstraksi dengan aseton atau etanol dan seringkali
diendapkan sebagai garam kalium yang sukar larut (Robbinson, 1995).
3) Tanin tersebar dalam setiap tanaman yang berbatang. Tanin berada dalam
jumlah tertentu, biasanya berada pada bagian spesifik tanaman seperti :
daun, buah, akar, batang. Tanin merupakan senyawa kompleks, biasanya
merupakan campuran polifenol yang sukar untuk dipisahkan karena tidak
dalam bentuk kristal. Di dalam tumbuhan letak tanin terpisah dari protein
dan enzim sitoplasma, tetapi bila jaringan rusak maka reaksi penyamaan
dapat terjadi. Reaksi ini menyebabkan protein lebih sukar dicapai oleh
cairan pencernaan. Salah satu fungsi utama tanin yaitu sebagai penolak
hewan pemakan tumbuhan karena rasanya yang sepat (Harborne, 1987).
Tanin dapat meringankan diare dengan menciutkan selaput lendir usus
(Tjay dan Raharja, 1991).
4) Alkaloid merupakan golongan zat tumbuhan sekunder yang terbesar.
Alkaloid termasuk senyawa bersifat basa yang mengandung satu atau
atom nitrogen dan berbentuk kristal. Untuk alkaloid dalam daun atau buah
segar adalah rasanya pahit di lidah serta mempunyai efek fisiologis kuat
atau keras terhadap manusia. Sifat lain yaitu sukar larut dalam air dengan
suatu asam akan membentuk garam alkaloid yang lebih mudah larut
(Harborne, 1987).
5) Saponin adalah senyawa aktif yang menimbulkan busa jika dikocok
dengan air. Pada konsentrasi rendah sering menyebabkan hemolisis sel
darah. Saponin dapat bekerja sebagai antimikroba. Kelarutan saponin
dalam air dan etanol tetapi tidak larut dalam eter (Robbinson, 1995
3.3 Khasiat Tanaman
Ekstrak meniran secara verbal dapat mempengaruhi fungsi dan aktivitas komponen sistem imun. Makin banyak pasukan sistem imun, makin kuat pertahanan tubuh Anda. Sistem imun kita bekerja seperti pasukan penjaga pertahana tubuh. ekstrak meniran yang terbukti klinis mampu memperbanyak antibodi tubuh sehingga sistem imun lebih kuat. Anda dan keluarga jadi terlindungi dari gangguan sistem imun.
Flavonoid dari meniran bekerja pada sel-sel tubuh yang menjadi bagian dari sistem imun. Caranya dengan mengirimkan sinyal intraseluler pada reseptor sel sehingga bekerja lebih optimal. Jika sistem imun dapat dalam sel berfungsi memakan fagosit, maka nafsu makan sel imun tersebut akan meningkat. Jika fungsinya mengeluarkan go-between yang menambah ketahan tubuh, hasil pengeluaran akan lebih baik. Atau jika kerjanya mengeluarkan sel lain, proses urainya berlangsung dengan baik.
Dalam berbagai penelitian di sejumlah RS di Jakarta dan Surabaya, terapi ajuvan dengan ektrak meniran berhasil mempersingkat lamanya pengobatan pada beberapa penyakit seperti TBC, hepatitis, candidiasis vagina (bakteri yang menyerang vagina), dll. Jika influenza biasa membutuhkan waktu pengobatan seminggu, kini ada harapan dapat dituntaskan hanya dalam 3-4 hari.
pemberian ekstrak meniran secara verbal dapat mempengaruhi fungsi dan aktivitas komponen sistem imun. Di antaranya dalam produksi IFN-g (interferon gamma) dan TNF-a (Tumor Nekrosis Factor alpha). Peran sitokin – zat kimia yang dapat membunuh sel- IFN-g dan TNF-a telah dibuktikan para peneliti berefek langsung terhadap peyembuhan pasien TBC paru. Para dokter joke tahu, IFN-g dan TNF-a bermanifestasi terhadap konversi BTA di dalam sputum (dahak.
Imunomodulator ini diperlukan dalam kondisi kelelahan, kirang isitirahat, kurang istirahat, stress, bepergian jaug, kontak dengan penderita infeksi atau berada di tempat yang diserang wabah. Dlam pengobatan penyakit, kini imunomodulator juga diresepkan dokter sebagai terapi ajuvan atau pelengkap. Artinya, obat yang dikonsumsi sebagai penunjang obat utama. Bahkan diyakini bisa meningkatkan potensinya.
Baru-baru ini juga diketahui Phyllanthus niruri L mencegah peningkatan GTP dalam serummaupun sitosol hepar dan kandungan flavanoidnya merupakan antioksidan yang berpotensi mencegah kerusakan sel hepar serta dipakai sebagai obat hepatoprotektif atau anti hepatotoksik. Hasil penelitian menggunakan tikus menunjukkan adanya efek dalam menormalkan penumpukan asam lemak pada liver setelah minum alkohol, Efek serupa juga tampak pada infeksi HIV. Alkaloid ekstrak Phyllanthus niruri Lmenghambat cytopathic effectsyang disebabkan oleh HIV-1 /HIV-2. 55 Repandusinic acid mempunyai kemampuan anti-viral secara in vitro, menghambat replikasi HIV dan HTLV-I. Penelitian baru-baru inimenunjukkan efek Phyllanthus dalam menghambat serangan HIV-1 dan integrasi enzim HIV-1, reverse transcriptase dan protease. Ketika digunakan untuk penderita HIV positif, dapat mereduksi replikasi HIV


IV RESUME

4.1  Metode Ekstraksi dan Fraksinasi

Ekstraksi adalah penarikan zat pokok yang diinginkan dari bahan mentah
dengan menggunakan pelarut yang dipilih sehingga zat yang diinginkan akan
larut. Pemilihan sistem pelarut yang digunakan dalam ekstraksi harus berdasarkan
kemampuannya dalam melarutkan jumlah yang maksimal dari zat aktif dan
seminimal mungkin bagi unsur yang tidak diinginkan (Ansel, 1989).
Ekstrak adalah sediaan berupa kering, kental dan cair, dibuat dengan
menyari simplisia nabati atau hewani menurut cara yang cocok di luar pengaruh
cahaya matahari langsung (Anonim, 1979). Metode ekstraksi yang tepat sangat
tergantung pada tekstur dan kandungan air bahan-bahan yang akan diekstraksi.
Ekstraksi sendiri dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan
metode maserasi, perkolasi dan sokletasi.
1) Metode maserasi
Metode ini dilakukan dengan cara merendam bahan-bahan tumbuhan yang
telah dihaluskan/digiling dalam pelarut terpilih, kemudian disimpan dalam
jangka waktu tertentu dalam ruang gelap.
2) Metode perkolasi
Metode ini biasanya digunakan dengan cara melewatkan pelarut tetes demi
tetes pada bahan-bahan tumbuhan yang akan diekstrak.
3) Metode sokletasi
Metode ini digunakan untuk mengekstrak komponen dari bahan-bahan
tumbuh-tumbuhan dengan menggunakan alat soklet (Anonim, 2007).
Fraksinasi merujuk pada pemisahan lebih halus yaitu memisahkan
senyawa-senyawa kimia dalam ekstrak kasar dengan menggunakan beberapa
metode pemisahan. Fraksi-fraksi yang telah didapatkan dari proses fraksinasi
kemudian diuji aktivitasnya dan akan dihasilkan satu atau lebih fraksi yang
memberikan aktivitas biologi pada makhluk uji. Fraksi-fraksi ini perlu dipisahkan
lagi karena masih banyak terdapat senyawa kimia yang lain (Anonim, 2007)

V    DAFTAR PUSTAKA
. Munasir Z. Manfaat pemberian ekstrak phyllanthus niruri sebagai imunostimulator pada
penyakit infeksi anak. (Online). (cited 15/10/2011) Available from: URL:

Rambut gugur dan botok

Monday, February 6th, 2012
Share
rambut-botak-dan-gugur
Masalah dan rambut gugur dan botok sememangnya menjejaskan penampilan diri. Bukan sahaja wanita, masalah itu turut menghantui kaum lelaki. Percaya atau tidak, lebih 10 juta penduduk dunia mengalami masalah keguguran rambut.
Mengapakah perkara ini terjadi ? Ini disebabkan oleh masalah genetik, masalah hormon,stress ,diet,persekitaran, dan aktviti harian. Oleh itu rambut gugur dan botak tidak boleh dibiarkan kerana penampilan diri adalah penting terutamnya kepada mereka yanng bekerjaya.
Seringkali mereka yang gugur rambutnya dan botak, diejek dengan pelbagai gelaran yang kadangkala meruntun hati. Gelaran seperti profesor sedap juga didengari. Tetapi jika perkataan itu kurang enak didengari akan menambahkan lagi luka dan kekecewaaan hati seseorang. Kekurangan hormon yang menyebabkan keguguran rambut (DHT) bagi lelaki dan ketidakseimbangan hormon di kalangan wanita menyebabkan folikel menghasilkan anak rambut yang nipis.Begitu juga masalah pengaliran darah ke folikel yang berkurangan menyumbang kepada keguguran rambut
Oleh itu, melalui kaedah homeopati dan biochemic,masalah ini dapat diatasi tanpa melibatkan kesan sampingan. Melalui pengambilan remedy-remedy homeopaty seperti cal phos,selenium,silica dan sebagainya dapat meransangkan kembali pertumbuan rambut,mensatbilkan masalah hormon. Penggunaan minyak arnica dapat melancarkan kembali darah dikulit kepala. Penggunaan syampu herba dapat menguatkan kembali akar rambut dan menghapus masalah kulit kepala yang menyebabkan rambut gugur.
Oleh itu, usah bimbang dan tertekan,setiap masalah ada jalan penyelesaian.Apa yang penting,istiqamah dan berusaha,pasti ada jalan kelua


eopathy

A Ubat rambut botak combo (rawat rambut botak dan gugur)

Ubat Botak Homeopathy
Tahukah Anda ?
Setiap hari secara purata terdapat lebih 100 helai rambut yang akan gugur dan akan diganti dengan rambut baru, kitaran ini akan terjadi setiap hari. Folikel rambut akan melalui 3 fasa iaitu fasa anagen (long growing phase), fasa catagen (short transitional phase) dan telogen (short resting phase). Apabila terjadi gangguan kitaran ini akan terjadilah proses rambut gugur berlebihan dan rambut baru gagal dihasilkan maka terjadilah alopecia atau botak.
Pelbagai sebab yang mengakibatkan botak terjadi, antara mitos yang paling popular ialah disebabkan oleh tabiat memakan mee segera. Genetik juga memainkan peranan utama namun beberapa lain yang kenal pasti ialah ialah akibat kekurangan zat besi, jangkitan thyroid dan pelbagai sebab dan ada yang tidak diketahui akibatnya.
Rawatan Mengguna Kaedah Homeopathy.
Hasil dari pengalaman lepas, saya telah merawat hampir ratusan kes-kes alopecia areata yang kerap terjadi kepada lelaki muda yang berumur di antara semuda 18 dan 38 tahun. Statistik kejayaan juga amat membanggakan dengan peratusan hampir 99% kes telah sembuh. Berita yang kurang enak ialah 99% ini ialah dari kes-kes yang baru bukanlah kes-kes yang telah lama. Kes-kes botak yang lama memang sukar untuk disembuhkan dan mengambil masa tetapi tidak mustahil untuk berusaha, terdapat hanya 5% dari kes lama yang tidak botak keseluruhan tetapi mengalami rambut nipis dan menampakkan kulit kepala telah mendapat pertambahan rambutnya.
Biochemic atau garam tisu adalah remedi yang telah menunjukkan statistic tertinggi didalam kes penyembuhan, remedi atau garam tisu yang telah digunakan ialah seperti dibawah;
·         Cal.phos - rambut gugur selepas demam, Cal.phos merupakan remedy utama untuk pelbagai masalah rambut
·         Silicea - remedi untuk mengembalikan kesuburan rambut, remedi ini adalah remedi combo (gabungan terbaik bagi setiap simptom rambut gugur)
·         Kali carb - untuk rambut kering dan nipis
·         Kali sulphuricum - individu yang mempunyai kelemumur berwarna kuning, lembab dan melekit. Mengakibatkan rambut akan gugur setempat dan meninggalkan tompok botak.
·         Nat mur - rambut gugur akibat kelemumur, kelemumur akan kelihatan memutih di kulit kepala. Di hujung rambut kelihatan berminyak
·         Selenium - Kulit kepala akan terasa sakit bila disentuh. Rambut akan gugur dari kulit kepala dan di tubuh.
Selain Biochemic atau garam tisu , beberapa remedy lain boleh membantu masalah alopecia, seperti;
·         Flouric.ac - masalah rambut yang rapuh dan mudah putus
·         Lycopodium - rambut beruban sebelum waktunya (premature), rambut gugur selepas bersalin dan seringkali terjadi eczema di belakang telinga.
·         Phosphorus - rambut gugur segumpal, remedy ini juga boleh diambil setiap 6-8 jam untuk mengurangkan tekanan akibat terjadinya botak atau keguguran rambut.
Setiap kes saya sering memberi remedi secara single remedi (remedi tunggal) dan sekiranya terdapat lebih dari satu remedy digabungkan, remedi gabungan akan diambil selepas 30 minit mengambil remedi pertama, dan 30 minit selepas itu untuk remedi ketiga sekiranya ada.
Semua remedi disediakan didalam bentuk tablet manis (seperti produk BC01,BC04 dan BC16 untuk jerawat). 4 biji dikemam atau dihisap dan dibiarkan melarut ke dalam mulut 3-4 kali sehari.
Selain dari ubat makan istilah mudahnya untuk remedi oral terdapat juga produk kegunaan luar seperti Shampoo dan Arnica Oil dengan gabungan Jaborandi untuk menguatkan akar-akar rambut.
Remedi combo yang dicadangakan :
·         Cal.phos dan Selenium
·         Cal.phos dan Silicea
·         Cal.Phos dan Lycopodium untuk rambut gugur selepas bersalin
·         Silicea dan remedi yang menyamai simptom masalah anda
Setiap remedi combo ini akan diberi secara percuma Shampoo dan Arnica Oil.
Harga pakej : RM150 - 2 botol remedi oral, 1 botol Shampoo Arnica dan 1 botol Arnica Oil.
Harga sebotol : RM80

Petua Melebatkan Rambut

Petua 1 untuk melebatkan rambut:


Tahukah anda bahawa sekepal nasi dan 1/2 biji limau nipis boleh melebatkan rambut ? Ini caranya...rendamkan sekepal nasi dan 1/2 biji limau nipis di dalam secawan air dan sebuku garam. Kemudian diembunkan pada waktu malam. Pagi esoknya perahlah limau nipis tersebut bersama bahan yang diembunkan tadi. Selepas itu bilas dengan air campuran tadi dan biarkan selama 3 jam. Kemudian barulah dibilas dengan air bersih. Selamat mencuba.


Petua 2:


Untuk melebatkan rambut, ambik daun bunga raya ramas2 dlm air,biar semalaman (urg dulu2 selalu diembunkan,skrg ni masih ada embun ker?)..lendir tu sapu n usap2kan rambut,selain melebatkan rambut,i juga utk menghitamkan rambut dan menghilangkan sakit kepala dan menurunkan panas badan


Petua 3:


Walaupun pelbagai teknologi canggih diperkenalkan bagi merawat serta mencantikkan rambut, masih ramai wanita yg suka mengamalkan petua orang tua2 untuk menjaga mahkota mereka. 


Antara petua yg paling terkenal di kalangan org Melayu kita ialah penggunaan santan. Khasiatnya memang terkenal utk melembut serta melebatkan rambut. Caranya mudah, ambil kelapa tua & perah pekat2. Biarkan sejam agar patinya naik, baru disapu pada rambut. Gunakan jari atau sikat bergigi jarang. Balut dgn tuala bersih & perap setengah jam. 


Selain itu, minyak kelapa yg dibuat sendiri juga baik utk merawat rambut kering, pecah hujung serta mudah gugur. Caranya mudah, perah santan dpd 2 atau 3 biji kelapa tua. Ambil yg pekat saja (2 kali perah). Kemudian jerang di dlm kuali besar tebal. Sebaik2nya guna dapur kayu kerana tempoh memasak minyak kelapa ini sgt lama (hampir sehari suntuk). Kemudian biarkan ia sejuk & baru dijaram pada kepala. 


Selain itu, minyak bijan juga elok utk melebatkan rambut. Agar lebih harum, campur minyak dgn bunga melur atau bunga melati & daun pandan. Bagi mengelakkan hapak, pastikan sisa minyak dibasuh bersih. 


Wanita Jawa pula gemar menggunakan abu batang padi utk mencuci rambut. Biasanya batang padi yg baru dituai, dibakar. Kemudian direndam semalaman, baru ditapis. Guna hampas tapisan batang padi utk mencuci rambut, kemudian bilas dgn air rendamannya. Selepas itu baru dicuci dgn air biasa sebersih2nya. Bagi menghilangkan kelemumur, campur air perahan limau nipis dgn sedikit air & genyeh pada kulit kepala. Ada juga yg rajin mengumpul embun pada awal pagi & diusap2 pada pangkal rambut. Ia dipercayai mempercepatkan pertumbuhan rambut serta mengelakkan sakit kepala. 


Selain itu, lendir daun bunga raya atau gel lidah buaya elok disapu pada kulit kepala utk menyejukkan serta mengelakkan rambut gugur. Ia juga bertindak sbg perapi. Di kalangan wanita barat, penggunaan minyak buah pic, ginseng & minyak bunga kesumba digunakan dgn meluas utk mengatasi rambut gugur. Ada juga yg menggunakan gel pokok kektas & daun lidah buaya. 


Wanita Cina & Jepun pula menyukai pelbagai jenis akar ginseng, teh herba Cina & halia utk merawat rambut. Sebenarnya wanita dari negara berbeza mempunyai cara tersendiri utk merawat masalah kecantikan. Tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, bunga & daun kayu yg digunakan juga berbeza, bergantung kpd keadaan geografi serta cuaca & musim di negara berkenaan. 


Beberapa petua mudah yg boleh dicuba bagi merawat rambut bermasalah & mencantikkannya lagi. 


-RAMBUT KERING- Cuba rawat menggunakan minyak, sebaik2nya minyak sayur-sayuran. Hangatkan minyak, kemudian gunakan jari & sapu pada seluruh kulit kepala & rambut. Kukus tuala seketika agar lembap & hangat. Kemudian balut. Biar 20 minit. Basuh bersih dgn syampu. 


-RAMBUT BERMINYAK- Sediakan secawan air suam kemudian campurkan spenutup penuh syampu & kuning telur. Pukul seketika. Gunakan campuran ini utk mencuci rambut. Kemudian bilas sebersih2nya. 


-MELINDUNGI RAMBUT DPD MATAHARI- Ambil 50gm bunga cammomile, rebus bersama 300ml air & sejukkan. Selepas itu tambah perahan air limau & gunakan air ini utk membilas rambut. 


-SYAMPU SEMULAJADI- Jika kehabisan syampu, cuci rambut (jenis berminyak) dgn telur yg dipukul hingga kembang & dicampur perahan limau. Bagi rambut yg lembut & halus, cuci dgn campuran air & bunga cammomile. 


-KHASIAT MINYAK JOJOBA- Minyak tumbuhan dari gurun ini mengandungi sebatian lilin. Elok digunakan utk melembapkan rambut sekaligus membuatkan ia bersinar. Ia tidak melekit & mudah meresap ke dalam epidermis (kulit kepala). 


-SYAMPU HERBA- Tumbuk beberapa helai daun salam, campur bunga cammomile kering & sedikit bunga rosmarie. Masukkan ke dlm mangkuk, tuang air panas & biarkan beberapa minit. Kemudian tapis & campurkan secamca teh sabun cecair. Gunakan ia sbg syampu. 


-MEWARNA RAMBUT- Gunakan daun inai yg ditumbuk lumat & titiskan air utk mewarnakan rambut. Menurut pakar, inai dari Iran adalah yg terbaik kerana ia lebih merah. Cara menginai rambut mudah - ambil anggaran segenggam daun inai, kemudian tumbuk atau giling hingga halus & titiskan air. Utk warna yg lebih cantik, titiskan sedikit air teh pekat. Kemudian lumurkan pada rambut & balut dgn plastik. Biarkan beberapa jam atau semalaman. Cuci sehingga bersih & ulangi beberapa kali sehingga warna rambut bertukar. 


-RAMBUT HARUM- Jika ingin rambut sentiasa segar & harum, cuba gosok kulit kepala dgn hirisan limau nipis & biar ia seketika melitupi seluruh rambut. 


-HILANGKAN KELEMUMUR- Ambil beberapa titis minyak bunga rosmarie, campur 2 camca besar bijan & lumurkan pada kulit kepala. Kemudian syampu rambut spt biasa & bilas. 


-TONIK TAIRU- Ambil setengah mangkuk kecil tairu tanpa perasa, campur telur. Pukul hingga kembang. Kemudian campur parutan kulit limau & gaul rata. Lumur pada rambut & pakai serkup plastik mandi & biarkan lebih kurang 40 minit. Syampu & bilas bersih. Selain itu, utk mendapatkan rambut yg bersinar, cuba amalkan mencampur beberapa titis air perahan limau ke dalam air bilasan rambut. Gunakan ia utk membasahkan rambut bagi menyerlahkan sinarnya. 


SELAMAT MENCUBA Petua melebatkan rambut dan petua rambut gugur. Wassalam



Rambut
Aring-aring telah menunjukan keberkesanannya dalam penjimatan masa untuk rambut tumbuh kembali sepenuhnya melalui tikus albino yang dicukur licin. Masa awal penumbuhan rambut telah berkurang menjadi separuh bagi rawatan menggunakan ekstrak, berbanding haiwan kawalan yang telah diberi hanya 2%  cecair Minoxidil. Analisis kuantitatif pertumbuhan rambut selepas rawatan mengguna aring-aring  (Eclipta prostrata) melihatkan lebih banyak folikel rambut dalam fasa anagenic (69 +/- 4) yang mana lebih tinggi berbanding dengan kawalan (47 +/- 13). Hasil rawatan dengan aring-aring (Eclipta prostrata) adalah lebih baik daripada rawatan kawalan positif minoxidil 2%

pegaga Khasiat Daun PegagaPegaga atau nama saintifiknya centella asiatica/hydocotyle asiatica ialah sejenis ulaman popular orang melayu. Tumbuhan menjalar yang tumbuh pada tanah yang agak lembab ini pada asalnya dimakan sebagai ulam untuk menambahkan selera makan kerana daunnya yang wangi.
Nama lainnya ialah tapak kuda (indonesia), indian pennywort, gotu kola. ia dikatakan berasal dari india tetapi begitu mudahdidapati tumbuh liar dinegara-negara ASEAN. Ia mudahtumbuh dikawasan tanah yang subur, agak lembab dan bersaliran baik.
Ia membiak melalui pecahan anak. Mengikut ceritanya, pokok pegaga ini dimakan pada awalnya oleh penduduk india setelah melihat gajah yang terkenal dengan umurnya yang panjang didapati selalu mengunyah tumbuhan ini. Jadi ia dimakan pada asalnya untuk memanjangkan umur.
Tapi kini ia diambil sebagai ulam dan jus kerana rasa dan baunya yang menambahkan selera. selain dimakan mentah sebagai ulam pegaga juga boleh dimasak lemak dan dijadikan kerabu.
Kegunaan
Pegaga pernah dipanggil makanan otak kerana ia dapat mengembalikan kesihatan diri dan dapat menolong mengurangkan simptom yang disebabkan oleh tekanan, meningkatkan tindakbalas menambahkan kekuatan fizikal dan mental.
Baru-baru ini WHO telah mengumumkan bahawa pegaga terbukti berkesan untuk meningkatkan kecerdasan dan keupayaan mental kanak-kanak. Selain itu ia juga dapat mengurangkan tekanan darah tinggi, mencegah nyanyuk, melambatkan proses penuaan dan menolong badan dari bahan toksid.
Herba ini mula digunakan dalam perubatan ayurveda. ia juga pernah digunakan dalam perubatan herbashennong di cina lebih kurang 2000 tahun yang lalu. Kebelakangan ini pegaga banyak digunakan untuk dibarat sebagai tonik saraf untuk merehatkan dan menambahkan ingatan. Di india bagaimanapun ia juga banyak digunakan untuk mengatasi masalah kulit.
Di timur pula, pegaga juga digunakan untuk mengatasi masalah seperti kemurungan yang mungkin disebabkan oleh masalah fizikal. Kajian terbaru menunjukkan pegaga menunjukkan kesan positif terhadap sistem pengaliran darah dengan menguatkan salur darah dan kapilari.
Ia telah menunjukkan kesan yang memberangsangkan bila digunakan untuk merawat kejang kaki, bengkak kaki dan masalah kaki terasa berat dan kebas.
Kandungan
Pegaga yang simplisianya dikenal dengan sebutan Centella Herba memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi.
Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit. Pegaga juga mengandungi banyak sebatian kimia dan bioaktiviti yang terbukti mengandungi ciri-ciri antibakteria, antipasma, anti inflamasi, hipotensif dan insektisid.
Dalam bidang perubatan tradisi, ia digunakan sebagai agen anti alergi, anti kanser, anti disenteri, peransang pembuangan urin, hipotensif, stimulan, tonik, menyejukkan badan, mengeluarkan batu karang, penawar kencing berdarah, kusta, gonorea,luka, kudis, dan sakit kerongkong. Pegaga juga anti-infeksi, antiracun, penurun panas, melawaskan pembuangan air kencing, antilepra dan anti sifilis.
Kegunaan
Pegaga dapat mengurangkan tekanan darah tinggi, mencegah nyanyuk, melambatkan proses penuaan dan menolong badan dari bahan toksid. Kebelakangan ini pegaga banyak digunakan di barat sebagai tonik saraf untuk merehatkan dan menambahkan ingatan. Di India bagaimanapun ia juga banyak digunakan untuk mengatasi masalah kulit.
Di timur pula, pegaga juga digunakan untuk mengatasi masalah seperti kemurungan yang mungkin disebabkan oleh masalah fizikal. Kajian terbaru menunjukkan pegaga menunjukkan kesan positif terhadap sistem pengaliran darah dengan menguatkan salur darah dan kapilari.
Ia telah menunjukkan kesan yang memberangsangkan bila digunakan untuk merawat kejang kaki, bengkak kaki dan masalah kaki terasa berat dan kebas. Daun pegaga berfungsi sebagai astrigensia dan tonikum. Pegaga juga digunakan untuk revitalisasi tubuh dan otak yang lemah serta untuk kesuburan wanita.
Kesimpulannya pegaga sesuai untuk penyakit berikut :
1. Pembengkakan Hati 2. Demam, Campak 3. Sakit Tekak, Batuk Kering, 4. Asma, Brokitis, Pleuritis 5. Radang Mata Merah 6. Keputihan 7. Tekanan Darah Tinggi 8. Sakit Perut, Disentri, Cacing, Buasir 9. Tidak Selera Makan, Sakit Perut, Disentri, Cacing, Buasir 10. Keracunan Makanan 11. Batuk Darah, Muntah Darah 12. Busung, bisul 13. Infeksi Saluran Kencing (kencing kotor) 14. merangsang otak – kuat daya ingatan (mencegah nyanyuk) 15. melambatkan proses penuaan
Sifat dan Manfaat
Pegaga atau nama saintifiknya Cantella asiatica boleh membangkitkan selera makan, membantu meredakan masalah penghadaman, mengatasi masalah buasir kerana mengandungi serat. Ia juga mampu melancarkan aliran darah, terutama bagi wanita yang ada masalah haid.
Pegaga juga dijadikan ubat untuk merawat masalah keputihan yang menyebabkan faraj terasa gatal. Air perahan daun pegaga juga dikatakan boleh menyejukkan badan dan elok diamalkan jika demam, mengalami masalah berak berdarah atau lelah.
Amalan minum air rebusan akar pegaga ini dipercayai boleh membantu mengawal paras gula dalam darah di kalangan pesakit kencing manis. Malah, ada yang menjadikannya sebagai minuman untuk menguruskan badan. Selain itu, pegaga juga telah lama digunakan sebagai tonik untuk membersihkan darah, merawat ulser, sifilis, dan kelenjar limfa.
Amalan meminum jus pegaga amat mujarab untuk membantu mereka yang bermasalah untuk tidur, merawat kerengsaan kulit dan tekanan darah tinggi. Walaupun pegaga amat baik dimakan mentah tetapi daun yang diramas dengan sedikit air amat baik jika disapukan pada kudis dan luka.
Di samping itu, pegaga juga memberi kesan kepada beberapa peringkat pembentukan tisu seperti menghilangkan parut, membina kolagen, merangsang pembentukan rambut dan kuku. Pegaga juga dipercayai boleh mempercepatkan proses penyembuhan luka, ulser dan masalah kulit lain.
Oleh itu tidak hairan jika ia dijadikan makanan wajib bagi wanita berpantang supaya luka bersalin lebih cepat sembuh. Mengamalkan meminum jus pegaga dapat meningkatkan daya ingatan seseorang, disamping dipercayai boleh meningkatkan kebaikan prestasi kanak-kanak yang mengalami kecacatan akal.
Dewasa ini produk yang berasaskan pegaga telah di gunakan dengan meluas dalam industri kecantikan sebagai anti selulit, anti kedutan (anti wrinkle), untuk mata dan muka, menambah ketegangan kulit dan meningkatkan pembentukan kulit yang baru.

Tips Menebalkan rambut


Mimpi punya rambut yang sehat dan tebal? Mempunyai rambut yang sehat dan tebal pastinya merupakan keinginan setiap orang, tidak hanya wanita bahkan pria juga menginginkan rambut yang sehat dan tebal. Rambut diibaratkan sebagai mahkota, jadi kalau rambut Anda tidak sehat, rontok, tipis, bahkan mengalami kebotakan, maka hilanglah sudah pride Anda sebagai seorang raja dan ratu.
Dengan rambut yang tebal terkadang dapat membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik dan segar. Jangan cuma mimpi! Anda pun bisa mendapatkan rambut yang tebal dengan cara – cara berikut ini:
1. Lidah Buaya
Lidah buaya yang mempunyai nama latin Aloe Vera ini memang sudah dipercaya dapat menyehatkan rambut, mencegah kerontokan dan dapat menebalkan rambut tipis. Berdasarkan penelitian, lidah buaya mempunyai lebih dari 70 zat diantaranya : vitamin E, vitamin B1, B2, B6, niasinamida, cholin, asam folat dan vitamin C, Kalsium (Ca), Natrium (Na), Kalium (K), Mangaan (Mn), Zenk (Ze), Chrom (Cr), tembaga (Cu) dan yang lainnya. Dari beberapa zat ini terdapat zink dan zat besi dimana zat ini mempunyai manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut.
Cara Pakai: Gunakan cairan lidah buaya dan usapkan ke rambut Anda, diamkan selama 15-30 menit, pijatlah kepala Anda agar zat yang terkandung dari lidah buaya dapat terserap dengan mudah oleh akar rambut Anda. Atau juga Anda bisa mencampurkan cairan lidah buaya dengan masker atau creambath rambut.
2. Kemiri / Minyak Kemiri
Kemiri (Aleurites moluccana) sering dianjurkan oleh orang tua untuk menghitamkan rambut. Ternyata minyak kemiri tidak hanya dapat menghitamkan rambut, tapi menebalkan rambut juga. Minyak kemiri Mengandung vitamin B6, thiamin, vitamin B, vitamin E, serat makanan, mineral, zat besi, tembaga, zink, magnesium, kalium, asam amino, protein dan antioksidan fenolat. Asam amino dalam biji kemiri dapat mempercepat pertumbuhan karena asam amino terdapat disemua jaringan dan membentuk protein dan antibody.
Cara Pakai: Biji kemiri disangrai / dibakar terlebih dahulu sehingga kandungan minyak bisa keluar, lumatkan dan usapkan minyak kemiri ke kulit kepala sambil dipijat-pijat selama 15 menit atau lebih, kemudian bilas dengan air hangat agar minyak benar-benar terlepas dari kulit kepala.
3. Daun Urang Aring / Minyak Urang Aring
Urang – aring (Edipta Alba) sangat mudah ditemukan. Urang aring tumbuh secara liar di pinggir-pinggir jalan atau di hutan. Urang aring mengandung berbagai macam zat, diantaranya: Ecliptine, AlfaTerthienylmethanol, 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(but-3-en-1-ynyl) thiophene, 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(4-chloro-3-hydroxybut-1-ynyl) thiophene, 5-(3-Buten-1-ynyl)-2,2′-bithienyl-5′-methyl acetate, wedelolactone. Salah satu kegunaan urang aring adalah untuk menyuburkan rambut.
Cara Pakai: Lumatkan beberapa helai daun urang aring, kemudian tambahkan air dan saring, cairan urang-aring dapat dioleskan ke akar rambut sambil dipijat. Kalau Anda tidak ingin direpotkan dengan proses ini, Anda bisa mendapatkan minyak urang-aring di toko terdekat, kemudian oleskan di akar rambut dan pijat. Gunakan pada malam hari sebelum tidur, keesokan harinya bisa dibilas hingga bersih dengan air.
4. Santan Kelapa / Air Kelapa
Santan kelapa dan air kelapa adalah salah satu bahan organic yang sangat aman digunakan untuk menebalkan rambut Anda. Selain menebalkan rambut, santan kelapa juga dapat memperlambat pertumbuhan uban dan melembabkan rambut. Karena dalam kandungan air kelapa terdapat zat besi, maka air kelapa dapat menebalkan rambut Anda yang tipis.
Cara Pakai: Cukup keramas kepala Anda dengan menggunakan santan atau air kelapa, diamkan 15 – 30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.
5. Makan Makanan yang Mengandung Zat Besi, Zinc, Protein
Salmon, sayuran hijau, kacang-kacangan dipercaya sangat membantu dalam usaha Anda mempertebal rambut. Salmon mengandung protein, vitamin B-12 dan zat besi. Sayuran hijau seperti brokoli mengandung vitamin A dan C, zat besi dan kalsium. Kacang-kacangan mengandung protein, zat besi, zink, dan biotin.
Dengan mengkonsumsi jenis makanan ini, insyallah rambut Anda akan menjadi tebal.
6. Gunakan Poduk Kecantikan
Sekarang sudah banyak produk kecantikan yang dapat menebalkan rambut, mencegah kerontokan, dan mempercepat pertumbuhan rambut. Pilihlah produk yang memang sudah dipercaya oleh masyarakat dan berhati-hati dalam memilih, karena kalau sampai salah bukannya akan menebalkan rambut Anda, melainkan merusak rambut.
Contoh produk: Hair tonic NR
7. Laser
Anda bisa mencoba cara ini, tapi percayalah cara ini akan merogoh kantong Anda dalam-dalam. Tapi jika Anda mempunyai banyak uang ya tidak masalah. Cara ini memang ampuh untuk mempertebal rambut atau merangsang pertumbuhan rambut baru. Kunjungilah klinik terdekat untuk berkonsultasi dengan dokter. Atau Anda juga bisa menggunakan Sisir Laser Androhair. Alat ini adalah seni perawatan rambut rontok yang berdasarkan terapi laser level rendah (LLLT), bagi pria dan wanita yang menderita rambut rontok dan alopecia.

Penjagaan Rambut Rontok

Penjagaan Rambut Rontok Terbaik

rawatan rambut yang disarankan atas kami rugi adalah:

Rambut Rontok

Lebih dari 50% dari semua lelaki mengalami kehilangan rambut AS. Hampir satu dari tiga orang telah kehilangan rambut dengan 30 tahun, dan lebih dari 50% mengalami kehilangan rambut dengan 50 tahun. Kehilangan rambutbegitu umum bahawa sebahagian besar masa itu dianggap sebagai variasi biasa dan bukan penyakit. haiwan lain berkaitan rapat dengan manusia, seperti cimpanzi, juga kehilangan rambut mereka. 

Ada 4 bentuk utama rambut gugur:
  • Androgenic alopecia - The jenis paling umum kehilangan rambut, juga disebut pola kebotakan laki-laki
  • Trauma alopecia - Rambut gugur dari rambut yang robek keluar
  • Ubat-induced alopecia - Rambut gugur disebabkan oleh salah satu daripada banyak ubat
  • Alopecia areata - patchy, biasanya reversibel, rambut gugur
Ada juga rambut gugur wanita, tetapi kerana perbezaan tahap hormon wanita tidak kalah dengan kelantangan sebanyak rambut lelaki. Perbezaan gaya rambut membenarkan wanita untuk menyembunyikan rambut gugur perempuan lebih berkesan daripada lelaki. Selain itu, seorang wanita mungkin tidak menyedari rambut gugur, tapi kadang-kadang melihat bahawa ekor kudanya atau anyaman semakin tipis. Perempuan juga mempunyai pola yang berbeza berbanding laki-laki botak. 

Rambut gugur mempunyai beberapa komplikasi perubatan, tetapi beberapa keadaan yang serius boleh menyebabkan itu. Selain itu, ada beberapa kesan psikologi yang berkaitan dengan akan botak. Orang dengan rambut gugur kadang-kadang mungkin lebih cenderung mempunyai body image negatif daripada mereka tanpa kehilangan rambut. 


Punca Rambut Rontok

Rambut gugur pada wanita disebabkan terutamanya oleh pola makan yang buruk, kelebihan stres dan penjagaan rambut yang tidak tepat. Lelaki cenderung kehilangan rambut mereka sebagai akibat dari faktor keturunan dan / atau kesan daripada DHT. DHT bertanggung jawab untuk pembangunan sifat laki-laki pada lelaki. Peningkatan paras DHT pada wanita dapat mengarah pada perkembangan ciri-ciri lelaki seperti memperdalam suara, meningkatkan saiz otot dan rambut di atas bibir. Hal ini juga boleh menyebabkan rambut gugur meningkat. Ketahui lebih lanjut: rambut gugur perempuan . 

Penyebab umum kehilangan rambut termasuklah:
  • Female pola kebotakan
  • Trauma
  • Bahan kimia
  • Ubat-ubatan seperti allopurinol (Zyloprim) dan warfarin (Coumadin)
  • Miskin gizi
  • Stres, misalnya, selama sakit besar
Jarang menyebabkan rambut gugur:
  • Miskin aliran darah
  • Jangkitan seperti sifilis
  • Penyakit kulit seperti lupus
  • Kanser
  • Hormon masalah
  • Gagal ginjal
  • Kegagalan hati

Mengobati Rambut Rontok

Tidak ada alasan untuk mencari rawatan perubatan kecemasan untuk rambut gugur kecuali jika anda melihat gejala berikut ini dalam masa yang sama seperti rambut gugur: Kebingungan, nafsu makan yang buruk, Sembelit , Diare , bernafas Trouble, kehilangan berat badan , Muntah, Demam, Sakit , Kulit rawatan masalah . Jika anda melihat gejala-gejala ini, anda mungkin mempunyai keadaan perubatan yang serius dan anda akan melihat doktor segera. 

Jika rambut gugur disebabkan oleh penyakit lain, rawatan penyakit adalah rawatan rambut gugur terbaik. Jika rambut gugur adalah masalah hanya anda lihat, maka ada pelbagai cara untuk mengubatinya bergantung pada seberapa parah kerugian rambut. 

Idea yang paling penting untuk membuat ketika memutuskan jenis rawatan rambut gugur adalah berapa banyak rambut anda mengganggu kerugian anda. rugi pilihan rawatan termasuklah teknik rawatan rambut, rambut palsu dan hairpieces, ubat-ubatan, dan pembedahan. Styling rambut untuk menutupi daerah dengan kerontokan rambut yang paling berkesan untuk kes-kes ringan. Mencuci dan mendandan rambut tidak akan menyebabkan rambut gugur lebih lanjut. Untuk rambut gugur yang lebih berat, rambut palsu dan hiasan rambut serta aksesories dapat memberikan hasil yang baik jika anda bersedia untuk mencubanya. Salah satu daripada pilihan ini boleh digunakan dalam kombinasi dengan ubat atau pembedahan jika hasil styling atau sopak saja tidak memuaskan. 


Obat Rambut Rontok

Rawatan perubatan seperti "finasteride" (Levitra, proscar): Sebuah pil diambil sekali sehari yang menghalang kesan testosteron pada pertumbuhan rambut. Testosteron adalah hormon dijumpai dalam kepekatan yang lebih tinggi pada laki-laki. 

Transplantasi rambut: Seorang doktor mengambil busi rambut dari daerah di kulit kepala anda di mana rambut tebal dan menempatkan mereka di kawasan di mana rambut anda tipis. 

produk rambut rugi Herbal: ada ubat tertentu yang blok DHT (dihydrotestostrone) dari mendapatkan ke tubuh anda, yang merupakan salah satu punca utama rambut gugur. Baca di bawah untuk maklumat lebih lanjut 

DHT adalah dianggap sebagai punca utama kebotakan pola pria. Walaupun semua laki-laki mempunyai DHT dalam tubuh mereka, tidak semua akan mengalami rambut gugur. Ini diyakini bahawa lelaki botak mempunyai reseptor DHT lebih berbanding mereka yang tidak kehilangan rambut mereka, dan mereka telah meningkatkan tahap DHT dalam sistem mereka. 

Jika anda ingin kembali tumbuh rambut anda, ubat apa pun harus minimal, lakukan hal berikut:
  • Menghambat DHT dari mengikat dengan reseptor di dalam folikel rambut.
  • Mengurangkan kadar DHT ditemui di dalam tubuh.
Sejak laki-laki mempunyai reseptor DHT lebih dalam folikel rambut mereka daripada perempuan mereka mengalami rambut gugur lebih besar. Tapi, kerana semua orang telah DHT dalam sistem mereka, soalan penasaran muncul. Mengapa beberapa lelaki menderita kerontokan rambut sementara yang lain tidak? 


DHT rambut gugur

Sejak laki-laki mempunyai reseptor DHT lebih dalam folikel rambut mereka daripada perempuan mereka mengalami rambut gugur lebih besar. Tapi, kerana semua orang telah DHT dalam sistem mereka, soalan penasaran muncul. Mengapa beberapa lelaki menderita kerontokan rambut sementara yang lain tidak? 

Selama bertahun-tahun kalangan perubatan berusaha menjelaskan mengapa beberapa orang memiliki pola kebotakan Male sementara yang lain tidak. Semua teori sebelumnya telah dinafikan. Baru-baru ini para saintis mendapati bahawa DHT bertanggung jawab atas kebotakan Pola Male. Yang masih tidak menjelaskan mengapa beberapa orang terus rambut mereka. 

Meneliti lebih lanjut, para saintis mendapati bahawa laki-laki yang kehilangan rambut mereka mempunyai tahap yang lebih tinggi DHT dalam sistem mereka. Mereka juga telah meningkatkan jumlah reseptor DHT dalam folikel rambut mereka. Kedua-dua hal ini membolehkan DHT untuk akhirnya "memerah kehidupan keluar" dari folikel rambut. 

ubat tertentu telah diuji, dan itu secara klinikal terbukti bahawa mengurangkan DHT menyebabkan rambut gugur berhenti, dan rambut mulai tumbuh lagi. Dengan menggunakan produk yang mengurangkan pengeluaran DHT, anda mempunyai asas yang kuat untuk program pencegahan rambut gugur anda. 


Penjagaan Rambut Rontok

Kami mengesyorkan pilihan kerontokan rambut rawatan berikut:
  1. Provillus - 91 Mata dari 100.
  2. ProFollica - 85 Mata dari 100.
PenilaianProduk Kesihatan# 1 - Provillus peringkat tertinggi dengan 91 daripada kemungkinan 100 mata. Provillus blok DHT (dihydrotestostrone) dari mendapatkan ke tubuh anda, yang merupakan salah satu punca utama rambut gugur. Rumus Terobosan dari Provillus direka untuk menyekat DHT dan bekalan nutrisi yang tepat untuk tubuh anda yang direka khas untuk mengelakkan rambut gugur dan untuk membantu anda menumbuhkan kembali rambut secara semulajadi. Kuat, rambut sihat bermula dengan blok bangunan yang tepat gizi. 

Jaminan anda harus sampai enam bulan penuh untuk mengembalikan produk untuk pengembalian kurang 100% s / h. 

Bahan: Vitamin B6, Biotin, Magnesium, Zinc, Saw Palmetto, jelatang akar, Gotu Kola, Labu (Cucurbita Maxima), Eleuthero, Uva-Ursi, Muria Puama. 

Mengapa # 1? Bahan yang berkesan dan membantu mencegah hilangnya vitamin rambut dan menumbuhkan kembali rambut anda. Solid 6 bulan jaminan. 

Order Provillus
PenilaianProduk Kesihatan# 2 - ProFollica - 85 dari kemungkinan 100 mata. ProFollica diformulasikan secara khusus, dengan menggunakan rambut terbaru kehilangan maklumat kajian yang sedia. Formulasi yang tepat dari ProFollica dibangunkan dari tahun kajian, oleh para profesional terlatih. Bahan, dan perkadaran yang tepat mereka, dipilih berdasarkan kemampuan mereka untuk menyekat DHT, meningkatkan peredaran darah, dan untuk merevitalisasi folikel rambut. Sebatian ini mempunyai kesan pertama mereka kelihatan beberapa minggu selepas memulakan penggunaan. 

Jaminan Sila cuba produk selama 60 hari dan jika karena alasan apapun Anda tidak puas hanya mengembalikan bahagian yang tidak terpakai dalam bekas asal dalam masa 67 hari selepas menerima pesanan anda (60 hari percubaan + satu minggu penghantaran kembali) untuk mendapatkan pulangan 100% dari harga pembelian produk, tidak termasuk penghantaran & pengendalian. 

ProFollica-cabang menggunakan serangan 3 pada penyebab rambut gugur:
  • Pertama, shampoo menghilangkan kelebihan sebum dari kulit kepala - penyumbatan folikel rambut. Hal ini membolehkan folikel rambut tumbuh terhalang.
  • Kedua, bahan dalam syampu dan lotion mengurangkan kadar DHT pada kulit kepala. Hal ini membolehkan akar rambut untuk menghasilkan rambut lebih tebal.
  • Ketiga, nutrisi dalam aliran darah meningkat pil dan nutrisi pergi ke folikel rambut. Peningkatan aliran darah merangsang folikel rambut, menghasilkan rambut sihat.
Mengapa tidak # 1 syampu Menambah? Dan lotion membuat mereka sedikit lebih berkesan, tetapi meningkatkan harga total. Pilihan yang baik jika anda mempunyai cukup wang untuk dibelanjakan. Hanya 2 bulan jaminan. 

Order ProFollica

buy provillus

Minoxidil


Mencegah Rambut Rontok

Selama rawatan untuk rambut gugur, anda boleh berharap untuk kembali ke doktor secara berkala untuk menentukan respon terhadap rawatan dan untuk memantau kesan sampingan dari ubat yang digunakan. Pencegahan dapat dicapai hanya dengan rawatan awal. Kadang-kadang apa yang anda fikirkan mungkin akan kehilangan rambut sebenarnya hanya rambut kerosakan dari terlalu sering menggunakan pengering rambut, alat pengeriting rambut, pewarna, dan produk styling. 


Penjagaan Rambut Rontok Kandungan

Sebelumnya ada dua pilihan umum yang sedia bagi lelaki yang ingin kembali menumbuhkan rambut mereka. Minoxidil dan Levitra. 

Adalah suatu vasodilator minoxidil, yang bermaksud melemaskan otot-otot di pembuluh darah, yang membolehkan lebih banyak darah mengalir. Bahan aktif dalam minoxidil, dalam bentuk yang lebih tertumpu digunakan untuk mengubati quality tekanan darah . Pengguna melaporkan pertumbuhan rambut sebagai kesan sampingan. Akhirnya dikeluarkan dalam bentuk dicairkan dan dipasarkan dengan nama Rogaine. Awalnya sedia sebagai ubat hanya resep, sekarang tersedia di atas meja. 

Malangnya tahap kejayaan minoxidil itu telah menjadi kekecewaan besar. 

Minoxidil juga menawarkan beberapa kesan sampingan yang tidak menyenangkan, seperti tekanan darah menurun, peningkatan denyut jantung, dan retensi cecair. Jika anda menderita tekanan darah rendah, atau penyakit jantung anda tidak perlu menggunakan minoxidil. 

Kerugian Obat umum rambut yang lain adalah finasteride, lebih dikenali sebagai Propecia. Propecia blok DHT, itulah sebabnya mengapa itu tidak menghasilkan keputusan. Tapi, itu juga menghasilkan kesan sampingan yang tidak diingini pada beberapa laki-laki - yakni dorongan seks yang menurun, atau disfungsi ereksi . Walaupun anda ingin mendapatkan kembali rambut anda, efek samping dari Levitra boleh terlalu berat bagi banyak orang. 

Mujurlah, sekarang ada alternatif yang alami, sehat dan tidak mempunyai kesan sampingan yang tidak diingini

No comments:

Post a Comment