Thursday 5 July 2012

Khasiat Beluntas kat paya bakau



Khasiat Beluntas

Tanaman obat beluntas memiliki nama ilmiahPluchea indica (L.) Less. Di beberapa daerah beluntas juga dikenal dengan nama luntas, baluntas, baruntas,dan beberapa nama lainnya. Beluntas merupakan tanaman semak-semak yang tumbuh tegak hingga mencapai 2 meter. Apa saja khasiat beluntas ?


Tanaman beluntas adalah tanaman berkhasiat yang memiliki banyak cabang. Daunnya tunggaldan berbentuk bulat telur. Warna daun hijau muda.

Daun beluntas baunya harum ketika diremas. Bunga beluntas berbentuk bonggol memiliki gagang dan berwarna ungu. Buah beluntas berwarna cokelat.

Semak-semak beluntas bercabang banyak dan ramping, tumbuh tegak dengan wana dahan cokelat tua,dan hijau di bagian ujung.

Bagian Mana yang Berkhasiat dari Beluntas ?

Beluntas merupakan tanaman herbal yang sangat bermanfaat.Hampir seluruh bagian tanaman dapat digunakan sebagai ramuan tradisional.

Apa Saja Khasiat dan Manfaat Beluntas ?

Daun beluntas dapat digunakan sebagai penurun panas. Daun beluntas juga berkhasiat untuk menyembuhkan luka radang, serta mengobati skabies. Daun tanaman berkhasiat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan menambah nafsu makan, menghilangkan bau badan dan sakit pinggang.

Daun beluntas yang diolah dengan menghaluskannya dapat dikonsumsi untuk mengharumkan nafas dan menghilangkan bau tak sedap



Manfaat / Khasiat Tanaman Beluntas untuk Kesehatan

tumbuhan beluntas
Uraian :
Beluntas (Pluchea indica (L.) Less.) merupakan tumbuhan semak atau setengah semak. tumbuh tegak tinggi sampai 2 m, kadang-kadang lebih. Percabangan banyak, berusuk halus dan berbulu lembut. Tumbuh liar di tanah tandus dan jelek, atau ditanam sebagai pagar. Terdapat sampai 1.000 m diatas permukaan laut. Daun bertangkai pendek, letak berseling, bentuk bundar telur sungsang, ujung bundar melancip, bergerigi warna hijau terang. Bunga keluar di ujung cabang dan di ketiak daun berbentuk bunga bonggol bergagang atau duduk, warna ungu. Buah longkah agak berbentuk gasing, warna coklat dengan sudut putih, lokos.
Nama Lokal :
Beluntas (Indonesia), Luntas (Jawa), Baluntas (Madura); Baluntas, Baruntas (Sunda), Lamutasa (Makasar); Beluntas (Sumatra), Lenaboui (Timor); Luan Yi (China).
Komposisi :
SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS: Baunya khas (Sengir) dan rasanya getir. Daun: menambah nafsu makan (Stomakik), membantu pencernaan. KANDUNGAN KIMIA: Alkaloid, minyak atsiri.
Penyakit Yang Dapat Diobati :
Bau badan, Nafsu makan, menurunkan panas, scabies, TBC;
BAGIAN YANG DIPAKAI: Seluruh tanaman, segar/dikeringkan.
KEGUNAAN :
1. Menghilangkan bau badan.
2. Gangguan pencernaan pada anak-anak dan menambah nafsu
makan.
3. Menurunkan panas, peluruh keringat.
4. Scabies.
5. TBC kelenjar leher (Cervical tuberculous lymphadenitis)
6. Nyeri pada rheumatik, sakit pinggang (Lumbago)
PEMAKAIAN: 10 – 15 gr, direbus.
CARA PEMAKAIAN:
1. Gangguan pencemaan pada anak-anak:
daun dicampurkan pada bubur saring/nasi tim.
2. TBC kelenjar leher:
- extra batang dan daun beluntas, extra gelatin dari kulit sapi,
Laminaria japonica (rumput laut). Bahan-bahan ini ditim sampai
lunak, Ialu dimakan.
- Laminaria japonica (rumput laut)
3. Nyeri rheumatik: 15 gr akar beluntas, direbus, minum.
4. Menghilangkan bau badan: sebagai lalap.
5. Peluruh keringat, menurunkan panas:
Daun direbus, atau diseduh sebagai teh, minum


No comments:

Post a Comment